Menengok Danau Ranu Pane di kaki Gunung Semeru


http://www.zahra.geraikami.com

Ranu Pani adalah sebuah danau gunung di Kabupaten Lumajang, di kakiGunung Semeru. Luasnya 4 hektar.

Ranu Pani adalah bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Ranu Pani pada tahun 1939, dengan latar belakang

Sudah menjadi rahasia umum jika Taman Nasional Bromo, Tengger dan Semeru menjadi tempat favorit para turis. Selama melakukan petualangan melalui Desa Tumpang Malang, traveler bisa singgah di Ranu Pani dan Coban Pelangi yang apik

Danau (Ranu) Pani dan Air Terjun (Coban) Pelangi merupakan karunia alam yang tak kalah eksotisnya dengan Ranu Kumbolo atau panorama lain di kawasan Taman Nasional Bromo, Tengger dan Semeru.

Bila traveler beruntung, bisa menyaksikan indahnya pelangi di Coban Pelangi. Pelangi ini hasil dari debur butiran air terjun yang dibiaskan oleh cahaya matahari. Keduanya merupakan karunia alam yang mempesona.

Ranu Pane adalah sebuah danau hijau seluas 1 hektar. Dari tempat ini, kita bisa melihat Gunung Semeru yang berdiri megah dengan kaldera di sekitar kawah.

Di Ranu Pane-lah  terdapat Pos lapor Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Hamparan air yang terlihat coklat kehijau-hijauan membuat raga ini tidak sabar untuk mencemplungkan diri. Sayangnya suhu air di ranu pane sangatlah dingin. Kami nge-camp disini sebelum berangkat esoknya (30/10/06)

Jalur ini adalah jalur yang paling aman untuk dilalui dan merupakan jalur eksplorasi. Di sepanjang jalur ini, kita akan dapat menikmati indahnya padang rumput Ranu Pane yang masih sangat liar dan indah. Jalur ini biasanya digunakan sebagai jalur untuk mendaki gunung Semeru (3.767m dpl) dengan panjang perjalanan yang disarankan adalah sekitar 2 hari dari Ranu Pane.

Dengan mengambil rute ini kita dapat menemukan banyak pemandangan yang indah seperti: Waturenjeng, Ranu Kumbolo, Oro-oro Ombo, Cemoro Kadang, Banjangan, Kalimati, Arcopodo, Cemoro Tunggal & Mahameru waktu yang dibutuhkan dari Ranu Pane ke Mahameru adalah tentang 17 Km.

Dan panjang dari waktu yang disarankan adalah sekitar 2 hari dari Ranu Pane dengan rincian:
hari pertama di pagi hari, berangkat dari Ranu Kumbolo, dan beristirahat di Ranu Kumbolo. Di malam hari, dari Ranu Kumbolo langsung menuju ke Kalimati dan dibutuhkan 3 jam untuk pergi ke sana. Pagi harinya, sekitar pukul 02.00, melanjutkan perjalanan lagi ke Mahameru sampai keesokan harinya, yaitu hari kedua. Sekitar pukul 10.00 pagi, kembali ke Ranu Pane, dan tiba di Ranu Pane pada pukul 19. 00 di malam hari. Karena jaraknya yang sangat jauh, disarankan, terutama untuk pendaki yang akan menuju ke Gunung Semeru, untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

##################################################

sumber http://bachtiarhakim.wordpress.com/2008/03/27/ekspedisi-mahameru-part-2-foto/ranu-pane-30-okt-06/

http://www.eastjava.com/books/bromo/ina/tourism_ranupane.html

http://travel.detik.com/readfoto/2013/08/06/154500/2317198/1026/2/pulang-ke-malang-coba-tengok-ranu-pani-coban-pelangi#menu_stop

http://id.wikipedia.org/wiki/Ranu_Pani

http://www.eastjava.com/tourism/lumajang/ina/pane-regulo-gembolo.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s