Tips ; Penting Sebelum Diet


Prinsip dasar clean eating:
Menghindari junk food, processed food, atau makanan kemasan yang mengandung pengawet, makanan yang digoreng dan diasap, karbohidrat sederhana (nasi putih, roti putih, mi, dan makanan lain yang terbuat dari tepung putih), pemanis buatan (gula putih dan aspartam), dan MSG (monosodium glutamate).
Jangan menghindari protein hewani. Kandungan protein dalam hewani memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan protein nabati. Agar lebih aman, bijaklah dalam memilih sumbernya. Misal: memilih ikan dari laut dalam dibandingkan ikan laut dangkal, ikan air tawar yang dibudidayakan secara organik, atau ayam kampung dibandingkan ayam broiler.
Jika tetap memutuskan untuk menghindari mengonsumsi protein hewani, agar kebutuhan protein tetap terpenuhi dengan baik, pastikan ada lima porsi dari lima jenis kacang-kacangan yang Anda konsumsi setiap hari. Seperti kacang kedelai (wajib ada), kacang hijau, kacang merah, kacang tanah, dan kacang bogor.
Makan 5 porsi sayuran berwarna-warni dan 10 porsi buah-buahan dari 10 jenis buah-buahan.
Hindari makanan yang diproses atau diolah terlalu lama. Pilihlah makanan yang dikukus, direbus, dipanggang, atau dibakar. Tapi ingat, pada makanan yang dibakar, buang bagian yang gosong karena mengandung zat karsinogenik pemicu kanker.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s