JUS BUAH DAN ANAK


Semenjak punya anak, saya jadi sering liat2 internet untuk mencari informasi seputar bayi dan anak.Ternyata seiring dengan berkembangnya jaman, banyak informasi yang didapat dari ibu saya yang sudah ketinggalan jaman. Bahkan bila diterapkan dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan anak di kemudian hari.

Baru2 ini ada sebuah artikel dari website grup sehat yang cukup membuat saya terkejut. Isinya mengenai pemberian jus buah pada bayi dan anak.

Tentunya sebagai orang tua,kita sudah mengetahui bahwa softdrinks dan minuman bersoda bukan pilihan yang terbaik bagi anak.Tapi saya terkejut saat mengetahui bahwa jus buah, yang sering dianggap sebagai bagian penting dari makanan bayi dan anak,juga bukan pilihan yang terbaik.

Ada sebuah lembaga,yaitu The American of Pediatrics (APP) Comitte on Nutrition, yang telah melakukan penelitian mengenai konsumsi jus buah pada bayi,balita,anak dan remaja. Jus buah didefinisikan sebagai jus murni, yang pada umumnya terdiri dari air dan juga karbohidrat (gula), sedikit protein dan mineral, serta vitamin dan kalsium.
Jus buah tidak mengandung protein,lemak,mineral atau vitamin seperti yang saya pikir selama ini. Hanya mengandung vitamin C dalam jumlah yang signifikan.Jus buah mempunyai kandungan karbohidrat (gula) yang besar,sehingga bila dikonsumsi dalam julah banyak, dapat menyebabkan diare,nyeri perut,kembung dan gas dalam perut.Selain itu,kebanyakan jus buah tidak mengandung serat sehingga tidak memberikan keuntungan nutrisi yang berarti dibandingkan buah segar.

Studi AAP menunjukkan bahwa pemberian jus buah pada bayi usia 4-6 bulan (terutama yang pernah mengalami kolik) sebelum mereka diperkenalkan pada makanan padat,dapat mengakibatkan kesulitan penyerapan karbohidrat. Anak yang pernah terkena kolik akan menjadi rewel, mengalami gangguan tidur dan memiliki lebih banyak gas dalam usus/perut setelah minum jus tertentu, seperti apel dan pear.
Pemberian jus buah pada bayi yang belum mendapatkan makanan padat (kurang dari 6 bulan) dapat menyebabkan malnutrisi jika jus tersebut dijadikan pengganti ASI atau susu formula yang mengandung lebih banyak protein,zat besi,kalsium dan lemak.

Dalam artikel ini disebutkan bahwa AAP memberika rekomendasi terbarunya mengenai pemberian jus buah pada bayi dan anak2,yaitu:
1. Jus buah tidak boleh diberikan pada bayi di bawah 6 bulan.
2. Setelah 6 bulan, bayi tidak boleh mengkonsumsi jus buah dari botol dan cangkir, yang menyebabkan mereka dapat dengan mudah meminumnya sepanjang hari. (Jangan biarkan anak menghisap jus buah dari botol dan cangkir, berikan jus buah saat waktu makan)
3. Bayi tidak boleh diberikan jus buah saat waktu tidur.
4. Untuk anak usia 1 sampai 6 tahun , konsumsi jus harus dibatasi sebanyak 4-6 ons per hari (kira-kira 110-165 ml per hari).
Untuk anak usia 7 sampai 18 tahun, konsumsi jus harus dibatasi sebanyak 8-12 ons per hari (kira-kira 230-330 ml per hari).
5. Anak-anak harus didorong untuk mengkonsumsi buah-buahan (potong).
6. AAP menyatakan bahwa jus buah murni adalah sehat jika diberikan dalam jumlah yang tepat bagi bayi dan anak-anak. Konsumsi jus buah yang berlebih menyebabkan malnutrisi, diare, berbagai penyakit perut, dan pengeroposan gigi.

Jadi bila anak kita terlalu banyak mengkonsumsi jus buah,kita bisa mengurangi jumlah konsumsinya dengan secara bertahap menambahkan air pada jus. Dan yang sebaiknya kita ingat, air dan susu (sapi maupun kedelai) adalah minuman yang lebih sehat untuk anak kita.

*** Setelah membaca artikel ini, saya menunda pemberian jus buah bagi bayi saya yang berumur 4 bulan. Semula saya pikir jus buah adalah minuman yang aman dan sehat bagi bayi dan anak, sehingga sebelum mengenalkan pada makanan padat saya dapat memulainya dengan memberikan jus buah.
Mungkin orang tua kita dan orang2 di sekitar kita banyak yang mengatakan hal yang berbeda dan sulit bagi kita untuk menilai mana yang benar. Tapi tentu saja semua keputusan ada ditangan kita.
Sebagai seorang ibu, kita ingin yang terbaik untuk anak kita bukan?

sumber :

http://andhi1.com/modules/articles/article.php?id=98

http://www.disabilityuk.com/health/obesity/health10.htm
http://www.aap.org/advocacy/archives/maystudies.htm
http://www.aap.org/mrt/May01.htm
Iklan

3 thoughts on “JUS BUAH DAN ANAK

  1. mb saya ijin kopi artikel beserta link ya
    makasih sebelumnya
    menambah info penting dan bermanfaat sekali bagi saya mengingat anak saya udah 4 bulan lebih
    saya juga baru tahu :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s